Benarkah Mendikbud Larang Gunakan Hijab di Sekolah Karena Berbeda Keyakinan?

- 21 Februari 2021, 13:06 WIB
Foto Mendikbud Nadiem Makarim yang tersebar dengan narasi yang keliru dan hoaks /Twitter/

iNSulteng - Telah beredar narasi terkait Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim yang melarang penggunaan jilbab atau hijab dilingkungan sekolah karena agamanya berseberangan.

Narasi tersebut tersebar belum lama ini dijejaring media sosial memalui pesan berantai WhatsApp dengan menampilkan sebuah foto Mendikbud Nadiem yang sedang menggendong anaknya.

Selain itu, diberikan caption Mendikbud sedang mengantar anaknya dibaptis.

Baca Juga: Pendaftaran Prakerja Sudah Dibuka, Segera di www.prakerja.go.id

Dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dengan artikel Cek Fakta: Nadiem Makarim Dikabarkan Larang Penggunaan Jilbab di Sekolah Karena Beda Prinsip, bahwa, pada Jumat, 19 Februari 2021, tiga menteri Jokowi menerbitkan regulasi baru yang melarang mewajibkan sekaligus melarang pengekangan pemakaian seragam "agama tertentu" kepada siswa hingga guru.

Berikut adalah narasi lengkapnya:

"Pantas saja dia melarang pemakaian jilbab di sekolah, WONG AGAMANYA BERSEBERANGAN"

Namun setelah dilakukan penelusuran fakta, narasi yang mengeklaim Nadiem Makarim membuat larangan penggunaan jilbab di sekolah karena agamanya berseberangan adalah narasi yang keliru atau hoaks.

Baca Juga: Ada Wanita 18 Tahun Ditemukan Terbaring Dipinggir Jalan, Begini Penjelasan Polisi

Ketiga Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menandatangani aturan bersama yang kemudian disebut Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri pada Rabu, 3 Februari 2021.

Halaman:

Editor: Marhum

Sumber: PR BEKASI


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X