Siapa yang Pantas Jabat Kabareskrim? Kompolnas Mengaku Tak Punya Kewenangan, IPW Sebut 4 Kandidat Kuat

- 23 Januari 2021, 23:14 WIB
Siapa yang pantas sebagai pengganti Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (foto-dok) /

iNSulteng - Sejumlah nama terus bermunculan untuk mengisi posisi Kabareskrim Polri menjelang Komjen Listyo Sigit Prabowo akan dilantik sebagai Kapolri Baru.

Komisioner Kompolnas Poengky Indarti mengaku tak dapat memberikan gambaran siapa yang akan layak mengisi posisi Kabareskrim.

“Mohon maaf saya tidak bisa menjawab pertanyaan tentang Kabareskrim baru pengganti Pak Listyo Sigit, karena Kompolnas tidak berwenang menyampaikan pendapat tentang siapa yang cocok menggantikan sebagai Kabareskrim,” kata Poengky, Jumat 22 Januari 2021.

Baca Juga: Sejumlah Wilayah Diminta Waspada Cuaca Ekstrem dan Potensi Banjir, Termasuk Sulteng, Sulsel dan Sultra

Poengky menjelaskan, pihaknya hanya memiliki kewenangan untuk memberikan pertimbangan kepada Presiden tentang pengangkatan dan pemberhentian Kapolri

“Bukan tentang pengangkatan Kabareskrim. Hal tersebut menjadi wewenang Kapolri dengan memperhatikan Wanjakti ya,” ujarnya.

Baca Juga: Cara Cek Nama Penerima BLT UMKM Rp2,4 Juta, Login di eform.bri.co.id

Terpisah, Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane membeberkan sejumlah nama yang memiliki potensi besar menjabat sebagai Kabareskrim. 

Setidaknya kata Neta, ada empat kandidat yang kuat, yakni Kapolda Aceh Irjen Wahyu Widada, Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Alfinta, Kapolda Jawa Barat Irjen Dofiri, dan Wakabareskrim Irjen Wahyu Adhiningrat.***

Editor: Marhum

Sumber: kompolnas.go.id


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X