Yes! Kartu Prakerja Gelombang 12 Dibuka, Menaker: Rp600 Ribu Selama 4 Bulan

- 23 Februari 2021, 15:48 WIB
Menakar, Ida Fauziyah /Kemnaker.go.id/

iNSulteng - Walaupun BLT subsidi gaji 2021 tidak dilanjutkan, saat ini pekerja punya kesempatan untuk mengikuti Kartu Prakerja Gelombang 12 yang telah dibuka pada Selasa 23 Februari 2021.

Hal itu disampaikan melalui laman resmi @prakerja.go.id.

Kartu Prakerja merupakan program pengganti atau program andalan Pemerintah buat para pekerja setelah BLT subsidi gaji termin III tidak lagi dilanjutkan.

Baca Juga: BMKG Ungkap Penyebab Gempa Buol dan Banggai Kepulauan

Dikutip dari ANTARA, Menaker Ida juga memastikan bahwa tidak ada rencana pengadaan BSU pada 2021 dengan pemerintah akan mengandalkan Kartu Prakerja untuk memberikan bantuan bagi pekerja terdampak pandemi COVID-19.

Ida menyoroti bagaimana Kartu Prakerja juga memiliki insentif selain dana bantuan untuk mendapatkan pelatihan. Kementerian Ketenagakerjaan juga menjadi bagian dari program tersebut, meski pelaksanaanya berada di bawah Kemenko Perekonomian.

Baca Juga: Gelombang 12 Kartu Prakerja Telah Dibuka

"Program-program lain seperti BSU misalnya Kartu Prakerja yang di dalamnya memang ada insentif yang nilainya sama Rp600.000 selama empat bulan itu tetap ada dan alokasinya masih cukup besar," tegas Ida.

Kartu Prakerja adalah program pemerintah untuk pelatihan dan pengembangan keahlian yang selama pandemi diakomodasi juga untuk memberikan bantuan insentif bagi korban pemutusan hubungan kerja (PHK) atau angkatan kerja baru.

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 Tahap Dua, Toili Lakukan Pendataan Para Pekerja Publik

Halaman:

Editor: Marhum

Sumber: prakerja.go.id, ANTARA


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X