Wow, Ini Ada Kabar Baik Untuk UMKM Tahun 2021

- 22 Februari 2021, 19:44 WIB
Penjual menunjukkan produk Batik Koja di Kios UMKM kawasan Taman Sumenep. /ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/aww.

iNSulteng - Kementerian BUMN siap meningkatkan kapasitas, aksesibilitas, dan kapabilitas Pasar Digital (PaDi) usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) secara bertahap dan terukur  hingga mencakup seluruh BUMN, serta menjalin sinergi lintas Kementerian/Lembaga dan pihak terkait lainnya.

Sekretaris Kementerian BUMN, Susyanto di Jakarta, Senin mengatakan, meningkatnya sinergitas BUMN dan UKM yang didorong melalui kegiatan online marketplace dan kegaitan virtual  akan membuka semakin banyak peluang peningkatan volume rantai pasok dan rantai nilai yang dapat mendorong peningkatan daya saing ragam produk dan jasa di pasar dalam negeri maupun global.

"Dengan kata lain, penyelenggaraan PaDi UMKM Virtual Expo menjadi platform penting, sebagai sebuah langkah maju dalam promosi dan reposisi UMKM Indonesia menuju Indonesia Maju,” katanya.

Baca Juga: Ayah Nissa Sabyan Angkat Bicara Soal Tudingan Anaknya Jadi Pelakor

Baca Juga: Dua Warga Kurang Mampu Dapat Sentuhan Polsek Toili

Kementerian BUMN menyelenggarakan pameran dagang dengan platform digital-online “PaDi UMKM Virtual Expo 2021” pada tanggal 15- 22 Februari 2021. Gelaran pameran tersebut merupakan upaya perlindungan, pendampingan dan pemberdayaan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Indonesia yang juga terdampak sangat serius oleh pandemi Covid-19.

Penyelenggaraan PaDi UMKM Virtual Expo 2021 merupakan langkah cepat untuk menindaklanjuti peluncuran online marketplace PaDi UMKM Agustus 2020.

Hal ini sejalan dengan arahan dan kebijakan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dalam memitigasi dampak pandemi terhadap UMKM, dan sekaligus sebagai upaya memperluas akses pasar, akses teknologi marketing, sehingga UMKM diharapkan dapat menjadi pilar dan penyeimbang perekonomian nasional.

Kementerian BUMN berharap, di masa mendatang, event ini dapat mengundang lebih banyak lagi UMKM agar dapat menambah alternatif vendor BUMN yang lebih beragam dan kompetitif di seluruh wilayah Indonesia.

Halaman:

Editor: Situr Wijaya

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X